Belum lengkap rasanya sebuah bangunan tanpa keberadaan dinding. Bagian paling kokoh ini bisa dikatakan kerangka utama yang paling penting pada sebuah bangunan. Dinding pada rumah seringkali menjadi objek yang cukup menarik untuk didekorasi. Hal ini karena dinding paling menentukan kesan apa yang ingin diciptakan sang pemiliknya.

Tips Pasang Wallpaper Dinding

Untuk membuat tampilan dinding yang menarik, kamu dapat membiarkan dinding dari batu bata terekspos, mengecatnya dengan warna-warna kesukaanmu, atau menggunakan wallpaper dinding murah. Ketiga hal tersebut akan membuat ruangan di rumahmu terlihat lebih hidup. Waktu berkumpul dengan keluarga akan terasa semakin menyenangkan dengan dekorasi dinding yang elegan.

Tips Sebelum Memasang Wallpaper di Rumah

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan wallpaper, berikut ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum memasangnya di rumah.

1. Pilih motif yang sesuai dengan kepribadian

motif wallpaper

Biasanya pemilik rumah menyukai dekorasi yang menggambarkan diri mereka. Motif yang disesuaikan dengan karakteristik penghuni, lebih sering digunakan untuk desain kamar tidur. Karena kamar tidur adalah ruang pribadi yang pastinya paling sering dikunjungi. Mendekorasi kamar tidur dengan wallpaper yang mencerminkan diri, akan membuat kamu merasa semakin nyaman di ruang pribadimu tersebut. Sementara untuk ruangan yang digunakan bersama keluarga, hendaknya kamu memilih motif dan warna yang netral atau yang telah disepakati bersama.

2. Sesuaikan wallpaper dinding dengan spesifikasi ruangan

Ruangan yang didesain dengan langit-langit yang cukup tinggi dengan ukuran minimalis, bisa dihias dengan wallpaper bermotif horizontal. Hal ini akan membuat ruangan memiliki kesan lebar. Sementara, untuk ruangan yang sempit gunakan motif dan warna yang tidak terlalu ramai, agar tercipta efek ilusi ruangan yang lebih luas.

3. Padukan wallpaper dengan perabot pengisi ruangan

Keselarasan antara wallpaper dan perabot ruangan sangatlah penting. Pastikan warna dan motif yang digunakan tidak saling bertabrakan. Misal, jika kamu menggunakan perabot dengan aksen yang mencolok maka, pilihlah wallpaper dengan warna netral dan lembut. Hal itu juga berlaku sebaliknya. Dijamin ruangan akan semakin cantik karena keduanya saling menyeimbangkan.

4. Perhatikan efek cahaya

Bila kamu menggunakan lampu dengan warna kuning untuk menciptakan efek hangat pada ruangan, sebaiknya gunakan wallpaper pada dinding dengan warna jingga atau emas. Kedua warna tersebut akan lebih menonjolkan ilusi hangat yang kamu inginkan.

5. Hias sesuai fungsi

Untuk menghias ruangan menggunakan wallpaper, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan fungsi ruangan tersebut. Ruangan publik seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan lebih cocok jika menggunakan wallpaper dengan warna akromatik, seperti putih, abu-abu, atau hitam. Sedangkan, ruang yang dikhususkan untuk bermain atau belajar bagi anak, kamu dapat menggunakan wallpaper dengan warna yang cerah dan motif yang lucu. Motif tersebut pada ruangan anak, akan membuat mereka lebih aktif dan semangat saat bermain dan belajar.

6. Beri perhatian pada wallpaper di kamar mandi

Penggunaan wallpaper tidak hanya untuk ruangan yang kering. Kamu juga dapat mengaplikasikannya pada ruang basah seperti kamar mandimu. Untuk menjaga agar wallpaper di bagian kamar mandi lebih awet, gunakanlah bahan wallpaper yang anti air seperti bahan vinyl. Hidupkan interior kamar mandi dengan wallpaper bermotif yang menggambarkan suasana alam. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman saat melepas lelah di bathtub atau di bawah kucuran shower sewaktu mandi.

Itulah beberapa tips yang wajib kamu perhatikan sebelum memasang wallpaper dinding. Semoga bermanfaat!

Categories: Dekorasi

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *