Pembanding Antara Blockboard dan Multiplek

Baik blockboard atau pun multiplek merupakan material konstruksi yang berasal dari kayu olahan sehingga ada banyak kesamaan di dalamnya.  Namun demikian untuk kepentingan konstruksi dan interior secara khusus, tentu saja baik material blockboard mau pun material multiplek, memiliki spesifikasi dan keunggulannya masing-masing. Penggunaan material yang tepat selain dapat menunjang performance yang dihasilkan, juga akan memperpanjang lifetime komponen furniture sendiri.

Nah sekarang jika dibandingkan secara head to head antara material blockboard dan multipleks, manakah yang lebih unggul di antara keduanya? Untuk mengetahui hal itu, mari simak penjelasan berikut.

Blockboard vs Multiplek, Mana yang Lebih Unggul?

Komponen pembentuk masing-masing material ini adalah unsur utama yang kemudian menentukan kualitas, keunggulan serta spesifikasinya. Penting untuk mengenal kedua komponen dasar material yang sudah sangat familiar ini sebelummenjatuhkan pilihan untuk menggunakan salah satunya.

Sekarang apa saja yang dapat digunakan sebagai pembanding antara blockboard dan multiplek? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Komponen Material Dasar

Blockboard terdiri dari  susunan balok-balok kayu lunak pada bagian tengahnya. Sementara untuk multiplek sendiri merupakan material yang terbuat dari bahan dasar kayu solid. Terdapat lapisan veener pada bagian bawah dan atas permukaan dari blockboard sehingga mampu menampilkan kesan yang lebih halus dan elegan. Pada dasarnya blockboard sendiri juga dikelompokkan dalam kategori multipleks karena lapisan kayu yang menjadi komponen utamanya

2. Kekuatan Dalam Penggunaan

Meskipun terbuat dari material kayu olahan sebagai komponen utamanya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara multipleks dan blockboard dalam aplikasinya pada interior mau pun furniture. Dengan keunggulan tampilan permukaannya yang halus dan elegan, blockboard diprioritaskan dalam pembutan furniture interior seperti meja, kursi, rak dan lain sebagainya. Namun dari sisi ketahanan terhadap zat cair atau basah, blockboard tidak sebagus multiplek.

3. Bobot Material

Secara umum multipleks lebih berat dibandingkan dengan blockboard. Hal ini dapat terjadi karena material penyusun dalam multipleks adalah kayu-kayu solid yang tentu saja memiliki berat yang sudah cukup. Berbanding terbaik dengan hal ini, blockboard dari sisi bobot lebih unggul sehingga karena kelebihan ini interior berbahan dasar blockboard lebih mudah untuk dipindahkan sesuka hati.

4. Proses Pengolahan

Pembanding Antara Blockboard dan Multiplek

Dengan lapisan pembentuknya yang lebih solid, dibutuhkan mesin pemotong khusus untuk multipleks. Sementara blockboard pada umumnya dapat dipotong menggunakan gergaji biasa. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, dibutuhkan skill yang terampil untuk mengolah baik blockboard mau pun multipleks. Meskipun secara umum pemasangan atau aplikasi alat penghubung seperti mur dan baut sama mudahnya untuk kedua material ini.

5. Harga

Harga multiplek biasanya memiliki kisaran yang lebih tinggi dibandingkan blockboard. Namun demikian, baik multiplek mau pun blockboard sama-sama memiliki range harga yang tidak terpaut jauh. Faktor utama yang mempengaruhi perbedaan harga ini adalah tingkat durabilitas dan lifetime material yang sedikit berbeda.

6. Perawatan atau Maintenance

Blockboard membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan multiplek. Permukaan blockboard  sebaiknya dibersihkan secara berkala menggunakan lap kering untuk menjaga sentuhan estetisnya. Sementara untuk multiplek, kain basah lebih efektif untuk membersihkannya.

Dengan berbagai informasi mengenai keunggulan dan perbedaan antara material blockboard dan material multiplek di atas, sekarang anda dapat dengan mudah menentukan material mana yang paling cocok untuk gunakan. Keduanya tentu saja memiliki keistimewaannya masing-masing meskipun berasal dari jenis kayu olahan yang hampir sama. Dan dapatkan harga terbaiknya hanya di temtera.com!

Categories: Furniture

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *